Sunday, August 2, 2009

5 Faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membeli TV/Monitor LCD


Hal-hal yang perlu diperhatikan saat anda akan membeli TV/Monitor LCD (Liquid Crystal Display) adalah : Contrast Ratio, Resolusi, Brightness, Viewing Angle dan Response Time.
  1. Contrast Ratio adalah perbandingan antara warna putih paling terang yang bisa dihasilkan dengan warna hitam yang paling gelap. Semakin tinggi Contrast Ratio semakin mampu menghasilkan warna secara benar (true color). TV LCD saat ini mampu mencapai contrast Ratio 6.000 : 1 ,bahkan lebih.
  2. Resolusi adalah faktor yang menentukan kemampuan menghasilkan gambar yang halus. Resolusi 720 X 1080, artinya gambar dilayar terbagi dalam 720 garis horisontal dan 1080 garis vertikal. Makin tinggi Resolusi akan menghasilkan gambar yang semakin detil dan halus.
  3. Brightness atau kecermelangan, Brightness 250 – 300 nits merupakan standar yang cukup nyaman bagi mata di ruangan dengan pencahayaan normal.
  4. Viewing Angle atau Keleluasaan Posisi, semakin lebar semakin baik, para ahli menyarankan Viewing Angle minimal 140 derajat horisontal dan 120 derajat Vertikal.
  5. Response Time adalah menunjukkan berapa waktu yang dibutuhkan pixels untuk berubah dari warna putih ke warna hitam dan kembali lagi ke putih. Semakin kecil nilainya menunjukkan Response Time yang makin cepat dan itu berarti makin baik terutama untuk gambar yang bergerak sangat cepat. Response Time idealnya mencapai atau kurang dari 8 ms (milli seconds).
Demikian share dari admin dan terimaksih.