Sunday, November 27, 2016

Apakah Black Friday?

Apakah Black Friday? - Apakah anda pernah mendengar black friday? atau jika diterjemahkan secara harfiahadalah Jumat hitam, bukan seperti itu, sebab Black Friday merupakan sebuah istilah. Black Friday adalah hari yang dirayakan setelah perayaan Thanksgiving dan biasanya merupakan awal dari musim belanja hari natal di Amerika. Selain popular di Amerika, black friday juga populer di negara-negara Eropa, Kanada dan Australia.


Pada hari black friday banyak toko yang membuka gerainya lebih awal, misalnya pada jam 4 pagi atau bahkan lebih awal lagi. Karena itu banyak orang yang rela antri dan menunggu di luar toko sepanjang malam. Terkadang ada juga yang sampai mendirikan tenda. Mereka rela melakukan itu semua agar mereka bisa menjadi yang pertama memasuki toko dan membeli barang yang mereka inginkan dengan harga yang telah di discount besar-besaran hingga sampai 80%. Pada saat toko di buka mereka akan berdesak-desakan dan berebutan untuk menjadi yang pertama memasuki toko.


Black friday jatuh pada satu hari setahun sekali, biasanya diambil dari Jumat keempat di bulan November. Sebenarnya black friday bukanlah hari libur, namun pihak perusahaan biasanya akan meliburkan karyawan-karyawannya, ini tentu akan meningkatkan pembelian pada hari tersebut.


Demikianlah black friday ini sekarang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat Amerika, dan Eropa disana sebagai hari berbelanja yang super sibuk.