Saturday, November 12, 2016

Resep Sayur Lodeh Enak

Resep Sayur Lodeh - Sayur lodeh merupakan salah satu sayur yang sering disajikan oleh ibu-ibu rumah tangga di daerah Jawa dan Sunda.



Meskipun sayur ini terbilang cukup sederhana tetapi rasanya sangat menggugah selera. Sayur ini biasanya terdiri dari komposisi sayuran yang beraneka ragam. Dimana biasanya masing-masing ibu rumah tangga selalu menggunakan sayur yang berbeda-beda dan sesuai dengan selera masing-masing. Dan memang pada kenyataanya sayur ini memiliki variasi yang begitu beragam sesuai dengan daerah masing-masing. Namun meskipin begitu yang menjadi persamaan yaitu dimana sayur ini selalu menggunakan salah satu komponen yang sama, yaitu Santan.

Sayur lodeh dikenal enak karena cita rasa kuahnya yang segar gurih namun tentunya akan terasa lebih mantap seta makyus apabila merupakan hasil masakan sendiri. Nah berikut ini kami sajikan resep membuat sayur lodeh enak, cocok buat menu hidangan makan sekeluarga tercinta.

Resep Sayur Lodeh

Bahan - Bahan :

1. Daun dan buah melinjo
2. Labu Siam, potong dadu
3. Terong Putih
4. Tomat 1 buah, iris-iris
5. Kacang panjang, potong-potong
6. Jagung manis, potong-potong
7. Tempe, potong dadu
8. Daun salam 3 lembar
9. Santan 250 ml
10. Gula merah
11. Garam secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan :

1. Bawang merah 6 siung
2. Bawang putih 3 siung
3. Kemiri 4 butir
4. Cabe merah 5 buah
5. Terasi 1/2 sendok teh

Cara Membuatnya :

1. Cuci bersih semua sayuran
2. Tumis bumbu halus hingga harum, sisihkan.
3. Rebus terlebih dahulu jagung manis, melinjo setelah setengah matang masukan sayuran, tempe dan bumbu tumis sambil di aduk.
4. Masukan santan, sambil terus diaduk.
5. Tambahkan garam gula merah, tunggu hingga matang, lalu sajikan.

Demikian resep sayur lodeh enak. Sayur lodeh ini akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat ditemani dengan nasi hangat.