Friday, August 19, 2016

NFC Dan Fungsinya

Near Field Communication atau di singkat NFC adalah sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone atau perangkat lain yang kompatibel dengan NFC dapat terhubung satu dengan lainnya. Teknologi NFC berbasiskan Radio Frequency Identification (RFID), yaitu menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja.


Apakah NFC sama dengan Bluetooth ?, Perbedaan NFC dengan Bluetooth adalah pada jangkauan berkomunikasi dan mekanisme komunikasi. NFC hanya bisa berkomunikasi pada jarak kurang dari 10 cm saja atau dengan cara menempelkan dua jenis perangkat, sedangkan Bluetooth bisa tetap berfungsi dalam jarak 10 m atau lebih. Kelebihan NFC dibandingkan dengan Bluetooth adalah kemampuan berkomunikasi tanpa proses pairing seperti halnya Bluetooth. Tetapi ada juga kekurangan dari NFC, yaitu cepat menguras energi baterai ponsel.

NFC memungkinkan smartphone atau perangkat NFC lainnya dapat berfungsi sebagai alat pembayaran, seperti misalnya e-toll Bank Mandiri atau Flazz bank BCA. 


Selain berfungsi sebagai alat pembayaran NFC juga berfunsi sebagai :

  • Melakukan transaksi Kartu kredit, 
  • Bertukar konten baik foto, video dan dokumen lainnya.
  • Dapat digunakan untuk download data, musik, foto dan lain sebagainya langsung dari ponsel.
  • Memainkan Game
  • Mencetak foto dengan menghubungkan printer dengan perangkat NFC.
Dimasa yang akan datang, semua ponsel maupun perangkat lainnya akan memiliki kemampuan NFC. Dengan NFC kita tidak perlu membawa kartu kredit, atau kartu tranportasi publik, sehingga kita bisa berbelanja maupun bepergian, atau sarana-sarana hiburan seperti menonton film bioskop dll. tanpa membawa dompet. Mungkin nanti akan benar-benar terwujud seperti jargon "Dunia dalam Gengaman Kita".